3 Petinju Legendaris di Era Tahun 2010

3 Petinju Legendaris di Era Tahun 2010

Begitu banyak petinju terkenal yang berhasil merajai dunia olahraga boxing ini. Tapi hanya sedikit yang mampu menjadi legenda terkenal sepanjang masa, sebut saja nama seperti Mike Tyson, Muhammad Ali, dan lainnya. Mereka adalah petinju paling berpengaruh.

Petinju Legendaris
ilustrasi petinju kelas berat dunia


Dari sekian banyak itu, yang mampu menjadi legenda petinju pada era dekade tahun 2010 siapa saja? berikut tiga petinju paling berpengaruh tersebut:

Wladimir Klistchko

Wladimir Klistchko
Wladimir dan Vitaly Klitschko 

Petinju yang boleh dibilang paling kuat dalam sejarah tinju dunia ini berasal dari Ukraina (saudara negara rusia yang terkenal akan tinju), sekarang ini beliau pemegang banyak gelar Heavyweight/kelas berat(terbanyak dalam sejarah) mulai dari WBA, IBF, WBO, IBO, the Ring,  TBRB, dan IBA, beserta beberapa gelar regional.

Satu-satunya gelar yang belum pernah dimenangkan adalah WBC karena saat itu dipegang oleh abang kandungnya sendiri Vitaly Klitschko dan mereka berjanji untuk tidak bertarung satu sama lain (biarpun sekarang sang kakak telah pensiun dan title dipegang oleh orang lain). Sebelumnya Wladimir pernah memenangkan WBC dan beberapa gelar minor, regional, dan non-profesional seperti EBU, NABF, WBO, dan NABO.

Wladimir Klistchko kalah melawan Tyson Fury pada tgl 29 november sebelum berusaha untuk menggabungkan (unify) semua gelar juara heavyweight dengan melawan pemegang WBC.

Manny Pacquiao

Manny Pacquiao

Sangat jarang seorang petinju asal Asia bisa mendominasi dunia tinju seperti dia, mungkin Manny "Pac-Man" adalah petinju Asia paling terkenal yang pernah ada dalam sejarah. Dia adalah satu-satunya petinju yang pernah memenangkan 8 Divisi kelas tinju berbeda (yang secara total memenangkan 10 title dari Divisi kelas atau Organisasi tinju berbeda).

Pertarungannya dengan petinju 'Golden Boy' Oscar De La Hoya membuat namanya menjadi naik drastis. Dikatakan setiap dia bertarung dan naik ring, di Filipina jalanan menjadi sepi total, beberapa kantor diliburkan untuk menontonnya bertanding di TV.

Selain Tinju , dia juga seorang atlet bola basket, politikus, penyanyi, dan aktor.

Delapan divisi kelas berat yang pernah dimenangkannya adalah Flyweight (112), Super Bantamweight (122), Featherweight (126), Super Featherweight (130), Lightweight (135), Junior welterweight (140), Welterweight (147), dan Super Welterweight (154).

Floyd Mayweather, Jr.

Floyd Mayweather, Jr.

Floyd adalah petinju paling sukses yang pernah ada, penghasilannya didunia tinju adalah yang paling tinggi dalam sejarah, itu juga kenapa julukannya adalah "The Money" . Floyd sudah pensiun dari dunia tinju dan memegang rekor tidak terkalahkan dengan 49 kemenangan.

Pertarungannya dengan Manny Pacquiao , dia mendapatkan sekitar $220-230 juta dollar (sekitar 3.2 triliun), sedangkan Manny sekitar 150-160 juta dollar. Diperkirakan total penghasilan Floyd hanya dari dunia tinju saja mencapai $700 juta , belum termasuk di luar ring.

Mayweather menghasilkan sekitar $1,311,000,000 dari pay-per-view (subscribe acara oleh pemirsa yang dilakukan pihak tv cable/kabel tv/pay tv untuk satu buah acara dan total  $19,530,000 pembelian pay-per-view selama karir.

Pertarungannya dengan Manny, yang merupakan bayaran tertinggi itu setara dengan pemain terkenal NBA Tim Duncan selama 18 tahun, dan ini hanya 1 malam ataupun hitungan menit dibawah 1 jam.
Share:
Next Post Previous Post