Perbandingan Harga Berbagai Jasa Beli Domain

Perbandingan Harga Berbagai Jasa Beli Domain

 Organisasi PANDI (pengelola nama domain internet indonesia) mengumumkan untuk menaikkan harga domain dengan ekstensi akhiran .id beserta subdomainnya, dengan harga minimal Rp. 300-an ribu dan akan berlaku per tanggal 1 April 2022.

Kadang saya bingung juga apa keunggulan domain .id sampai harus lebih mahal dibanding domain terkenal lainnya seperti .com., selain faktor produk lokal tentunya.

Beberapa situs atau blog sering membahas kelebihannya mulai dari a,b,c gitu, tetapi saya meragukannya. Seperti contohnya dikatakan peringkat hasil penelusuran dari mesin pencari google akan lebih tinggi untuk situs dengan domain akhiran id yang menggunakan konten bahasa lokal, nyatanya hampir semua situs portal berita besar menggunakan .com, jika kita ambil contoh keyword "berita terkini" , itu halaman satu semuanya diisi oleh domain akhiran .com , yang akhiran .id terlempar ke halaman kedua. 

Malahan saya merasa ada beberapa kekurangan dari domain id seperti:

  1. Harga lebih mahal
  2. Perlu data KTP, dll
  3. karena perlu verifikasi, jadi lebih lama, ga bisa langsung jadi
  4. Trafik menurun karena pengunjung internasional kecil
  5. Tidak sebeken .com
  6. Karena data harus lengkap, sehingga lebih dipantau rekam jejak kita
Jadi untuk apa kita harus menggunakan domain akhiran id? saya juga tidak tahu, ga ada kelebihannya.

Perbandingan Harga Penyedia Domain

Beberapa situs yang melayani registrasi domain (sebutannya Registrar), memiliki harga yang berbeda-beda. Ada yang lebih murah, ada yang lebih mahal tetapi spesifikasi atau layanan yang dikasih lebih bagus, terkadang harga juga bisa berbeda tergantung akhiran atau ekstensi belakangnya.

Saya ambil contoh pura-pura ingin membeli domain pribadi saya yang beralamat di atumiwa.com , istilahnya upgrade gitu dari gratisan blogspot (entah kapan baru bisa beneran terwujud, soalnya blog ga laku, pasang iklan pun dikit penghasilannya). 

Hati-hati jika membeli domain, karena sering perusahaan registrar domain lokal itu suka nipu, harga yang tertera itu hanya tahun pertama, dikasih harga murah, tapi kemudian tahun kedua dan seterusnya membludak bisa sampai puluhan kali lipat lebih mahal biayanya. Alhasil kalian yang sudah bangun susah-susah selama satu tahun, terpaksa perpanjang.

Alasan menggunakan .com sebagai contoh adalah karena itu ekstensi TLD paling umum. TLD .com ini dikatakan digunakan oleh 40% situs dunia, dari total ribuan TLD/domain yang pernah ada.

Nama Registrarharga
Qwords.com135,000
Niagahoster.co.id115,000
DomaiNesia.com114,000
Google Domain165,900
Hostinger.co.id139,900
Rumahweb.com135,000
Jagoweb.com128,000
exabytes.co.id97,700
dewaweb.com125,000
idcloudhost.com125,000
merekmu.co.id145,000
boc.co.id135,000
idwebhost.com129,900
Jagoanhosting149,850

catatan: 
  • jagoweb ditulis perpanjangan itu lebih mahal, jadi harga perpanjangan itu sekitar 147rb/tahun
  • exabytes dulunya bernama MasterWeb
  • semua tidak termasuk pajak Ppn 10%
  • semua tidak termasuk hide data protection yang biasa ada tambahan biaya
  • harga adalah untuk per tahun

Dari pengecekan harga, yang paling murah adalah exabytes, dan paling mahal adalah google domain. Tetapi tentu saja setiap perusahaan memiliki pelayanan yang berbeda. Jadi murah bukan berarti service bagus ataupun jelek. 

Sebagai contoh Google Domain, itu yang paling mahal, tetapi jika Anda menggunakan CMS Blogspot, maka jika menggunakan google domain, itu menjadi sangat mudah dan praktis banget, tinggal satu klik maka semua serba otomatis, tidak usah pusing setting ini itu, semua sudah diatur oleh Google, tidak perlu set redirect 301 segala.

Ya demikianlah perbandingan harga untuk beberapa registrar Indonesia. Untuk registrar luar negeri, yang terkenal ada GoDaddy, NameSilo, NameCheap, Google Domain, dan DynaDot.

Kapan ya saya bisa punya domain dengan nama bagus, manatau ada sponsor? 😂

Share:
Next Post Previous Post