Gagal Saat Wawancara Kerja? Hindari 7 Kesalahan Fatal Saat Interview!

Gagal Saat Wawancara Kerja? Hindari 7 Kesalahan Fatal Saat Interview!


79percentclockMendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan untuk menjadi impian bagi setiap orang yang melamar pekerjaan. Biasanya, tahap yang paling menentukan seseorang lolos atau tidak untuk bekerja yaitu sesi wawancara. Pada tahap ini, perusahaan akan menilai secara langsung potensi dari kandidat melamar kerja.

Tidak jarang, banyak dari para pelamar kerja yang mengalami kegagalan pada tahap wawancara. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari kurang persiapan hingga sering melakukan kesalahan. Bagi kamu yang tidak ingin gagal saat wawancara kerja, hindari 7 kesalahan fatal saat interview berikut ini. 


7 Kesalahan Fatal Saat Interview yang Sering Dilakukan Pelamar Kerja 

Tahukah kamu, ada banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar kerja bahkan tidak disadari. Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal yang bisa membuat kamu gagal saat wawancara kerja.

1. Pemilihan Pakaian yang Tidak Tepat

Disadari atau tidak, penampilan menjadi kesan pertama dan menjadi salah satu faktor penting bagi pelamar kerja untuk menunjukkan pesan terbaik saat interview. Salah satu cara untuk menunjukkan kesan pertama yang baik yaitu dengan pemilihan busana yang tepat. Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, menggunakan busana yang tepat juga bisa memberikan kesan yang baik terhadap diri kamu.


Untuk itu, penting bagi kamu untuk menyesuaikan busana dengan kultur perusahaan yang kamu lamar. Gunakanlah pakaian yang formal Jika kamu melamar di perusahaan yang memiliki kultur serius dan profesional. Jika kamu melamar di perusahaan startup, maka kamu bisa memilih pakaian yang casual namun tetap menunjukkan profesional.

2. Tidak Tepat Waktu

Datang terlambat saat wawancara kerja merupakan kesalahan yang sangat fatal, karena hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak disiplin dan memiliki manajemen waktu yang buruk. Dampak lainnya yaitu perusahaan akan menilai kamu tidak menghormati perusahaan, terlebih lagi kamu belum menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Pastikan kamu datang tepat waktu saat wawancara kerja, karena kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari hal tersebut.

3. Telepon Berdering Saat Sesi Wawancara 

Salah satu dari 7 kesalahan fatal saat interview kerja lainnya yaitu telepon yang berdering saat sesi wawancara berlangsung. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah tipe karyawan yang tidak memprioritaskan pekerjaan. Oleh sebab itu, pastikan ponsel kamu dinonaktifkan sebelum sesi wawancara kerja berlangsung.

4. Tidak Menguasai Profil Perusahaan

Untuk mengetahui seberapa besar minat kamu terhadap perusahaan, biasanya pewawancara akan menanyakan beberapa hal terkait perusahaan tersebut. Jika kamu tidak tahu sama sekali tentang perusahaan yang kamu lamar, tentu mereka akan menganggap kamu tidak siap menjadi bagian dari mereka. Untuk itu, pastikan kamu mencari informasi terkait profil perusahaan sebelum proses wawancara berlangsung.

5. Membawa Minuman Saat Wawancara Kerja

7 kesalahan fatal saat interview kerja lainnya yaitu membawa minuman saat wawancara kerja dan menempatkannya di atas meja. Hal ini justru akan memberikan kesan yang kurang baik terhadap diri kamu, apalagi jika pandangan mata kamu justru fokus pada minuman daripada melakukan kontak mata dengan pewawancara.

6. Tidak Fokus pada Pertanyaan 

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah tidak fokus terhadap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Hal ini membuat jawaban yang kamu berikan menjadi tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran perusahaan jika nantinya kamu juga tidak fokus pada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu.

7. Terlalu Banyak Berbicara

Interview kerja bertujuan untuk mengetahui karakter dan potensi yang kamu miliki secara langsung. Perusahaan tidak ingin mengetahui kehidupan pribadi kamu secara keseluruhan. Sehingga, ketika kamu terlalu banyak bicara di luar jawaban yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka akan membuat pewawancara bosan dan menilai kamu sebagai tipe orang yang lebih suka berbicara daripada bekerja.

Penutup

Itulah tadi 7 kesalahan fatal saat interview kerja yang sering tidak disadari oleh pelamar, sehingga dapat menggagalkan wawancara kerja. Semoga informasi tadi bisa membantu kamu dalam menemukan faktor yang dapat menggagalkan wawancara kerja. Semoga bermanfaat!


Share:
Next Post Previous Post