Review Earphones Blox TM5

Review Earphones Blox TM5


Blox TM5
dus kotak dari earphones blox



Blox adalah sebuah perusahaan asal Vietnam yang menciptakan Earbuds kelas high-end dengan edisi terbatas, harganya berkisar satu jutaan rupiah atau sekelas Yuin ok1, Yuin pk1, dan Crossroads HR1.



Blox TM5, housing yang terkesan murahan dan umum



Saya kebetulan dihubungi oleh Distributornya lewat pm di Head-fi dan mendapat pengiriman duluan dibanding orang lain (tapi setelah berbulan-bulan baru buat review, sebelumnya sih uda buat impresi di forum audiophile indonesia dengan singkat) , didalam kotak Blox TM5 terdapat kertas yang ditulis batch nomor 2 dari total 150 yang di produksi , yang berarti saya orang nomor 2 yang mencobanya, ga lama setelah itu saya liat out of stock, dan sekarang ada produksi lagi tapi jumlah terbatas jadi harus rajin rajin ke situsnya kalo mau beli karena sering out of stock. 

Desain Blox TM5 sangat standar dan mirip banget dengan Yuin dan Sennheiser MX300/400/500, jika boleh menebak kayaknya pembuat housing mereka berasal dari perusahaan OEM yang sama. Blox TM5 memiliki suara openbox yang biasa saja, tapi setelah mencoba lama baru kita sadari kalau suaranya sangat bagus, saya mendapat kesimpulan ini setelah saya mengalami dan mencobanya sendiri beberapa saat, serta dari kesimpulan dua orang lainnya. 

Semakin lama dengar semakin terasa racunnya, suaranya juga ga umum seperti earbuds lain, faktor utama kelebihannya di telinga gue ada di dua hal yaitu Bass (the best bass quality in earbuds category), dan Staging yang terasa Depth (dalam) banget. Kalo di Yuin OK series itu, headstaging memang lebar (wide), tetapi efek soundstaging kurang (kedua hal ini berbeda), kalau di BLOX TM5, itu selain headstaging wide, juga soundstaging nya terasa banget, jadi frekuensi2 suaranya itu semacam ada layer-layer gitu, kita bisa tahu kalo penyanyi A itu jaraknya brapa meter posisinya dari piano, gitar atau alat musik lain, mana yang didepan atau dibelakang.

Earbuds lain sih ga ada satu pun yang bisa memberi efek gitu, kalo bisa pun ga sampe level yang gue bisa rasain.

Bassnya bagus banget nih earbuds, quantitynya banyak disertai dengan quality bass yang bagus (susah loh buat earbuds dengan bass banyak tapi menjaga kualitasnya atau dibarengi kualitasnya) yang paling gue ga suka itu dibagian vocal rada laidback (saya pecinta forward vocal), ya itu masalah selera sih, kalau bass masih menang ini dibanding yuin pk1.

Jadi mana lebih bagus antara Yuin pk1, Yuin ok1, Crossroads HR1, Audio Technica cm700, dan Blox TM5 ? lagi-lagi jawabannya tergantung selera...



Share:
Next Post Previous Post