Drama Korea Night Has Come 2023 Genre Survival Kehidupan

Drama Korea Night Has Come 2023 Genre Survival Kehidupan


 79percentclock - Drama berjudul 'Night Has Come' merupakan sebuah drama bergenre survival asal negara Korea Selatan yang rilis pada bulan desember di tahun 2023 dengan total 12 Episodes di Netflix.

Biasanya drama survival itu banyak diproduksi oleh negara jepang (dorama), tetapi setelah kesuksesan Squid Game kemarin, nampaknya genre survival ini mulai dipantau oleh pihak produsen Korea.

Sinopsis Night Has Come

Night Has Come berkisah tentang 28 anak kelas dua SMA yang sedang mengadakan kegiatan retreat sekolah disebuah gedung yang jauh dari pusat kota. 

Setelah mereka sampai pada gedung retreat tersebut, kemudian para staff dan supir yang membawa mereka mengatakan mau menjemput siswa dari angkatan kelas lainnya, sehingga meninggalkan mereka dua puluh delapan siswa untuk sementara.

Tapi ternyata tanpa mereka sadari, mereka diharuskan memainkan game untuk bertahan hidup. Secara umum peraturan dasarnya adalah mereka tidak bisa keluar dari gedung sekolah, sebenarnya lapangan dan halaman tepi sekolah sih boleh selama masih dalam garis, mereka tidak boleh melewati garis putih yang ada.

Peraturan dasar kedua adalah ke-28 siswa siswi tersebut memiliki peran yang hanya mereka tahu sendiri masing-masing. Total ada 4 peran, polisi, dokter, mafia, dan warga sipil. Jumlah mafia tidak tahu berapa, yang pasti lebih dari 1. Mayoritas adalah warga sipil.

Jadi setiap malam (sesuai judul), mereka diharuskan memilih voting satu orang yang dicurigai adalah mafia, yang paling banyak divoting akan mati. Setelah proses pemilihan itu yang biasa pas jam 12 malam, kemudian mereka akan ditidurkan dengan paksa secara otomatis, kecuali Mafia. Mafia tetap terjaga, dan harus berdiskusi dengan sesama mafia untuk membunuh satu warga sipil.

tokoh utama Night Has Come 

Jadi nanti pemenangnya adalah antara kelompok mafia atau kelompok warga sipil (termasuk polisi dan dokter). Fungsi dokter adalah mencegah seseorang dari target pembunuhan. Orang itu akan selalu selamat pada hari itu biarpun mendapat voting terbanyak ataupun menjadi incaran mafia.

Untuk bertahan hidup, akan ada pengkhianatan, akal bulus yang licik, membuat kelompok, emosional, persahabatan, balas dendam, saling menuding, perkelahian, bully, curiga, dan lainnya.



Oh ya, ponsel mereka tidak bisa digunakan untuk telepon karena sinyal secara mendadak hilang, dan ponsel banyak digunakan dalam permainan, seperti percakapan rahasia, membaca peraturan baru, notifikasi peringatan, dan lainnya. Ada adegan bully-bullyan tipikal drama sekolah korea.

Secara umum,  terdapat gabungan unsur survival, fantasi, misteri, dan supernatural. Cukup banyak adegan atau kejadian tidak masuk akal. Banyak hal yang tidak detail dan tidak dijelaskan. Peraturan permainan seperti tidak jelas alias asal-asalan, seolah kurang profesional. Ada penambahan dikit unsur horror. Kualitas drama sih tidak buruk, tetapi masih belum sebagus buatan produksi orang Jepang yang sudah langganan drama genre gituan. Jika mereka membuat peraturan yang jelas dari awal, maka drama ini harusnya akan lebih bagus. Saya tidak akan merinci lebih detail soal itu karena akan menjadi spoiler bagi yang belum menontonnya.

Endingnya terkesan tipe open ending, sang tokoh utama terbangun hanya untuk melihat bahwa kejadian itu terulang, tetapi ingatan sebelumnya masih ada tidak terhapus, sehingga dia merasa kebingungan. 


Share:
Next Post Previous Post