Smartphone Kamera Terbaik 2023 Hasil BlindTest Paling Adil, Pemenangnya adalah

Smartphone Kamera Terbaik 2023 Hasil BlindTest Paling Adil, Pemenangnya adalah


79percentclock - Seorang youtuber bernama Marquis Brownlee melalukan blind test 20 kamera smartphones yang rilis tahun 2023. Jika ada yang belum tahu dia adalah salah satu youtuber dengan topik gadget, elektronik, dan teknologi paling terkenal dengan jumlah subscriber 18 juta orang.

Setiap tahun biasa dia selalu membuat konten perbandingan kamera secara blind test dari berbagai merk smartphones model tertinggi. Blind test merupakan cara paling akurat, jujur, dan adil. Dengan cara ini, kita tidak akan terpengaruh oleh bias merk smartphone tertentu seperti yang terjadi lapangan sehari-hari.

Metode blind test adalah sebagai berikut, total ada 20 smartphones dengan model tertinggi yang dirilis tahun 2023, mereka adalah:

  1.  Xiaomi 13 Ultra, 
  2. Asus Zenfone 10, 
  3. Fairphone 5, 
  4. Apple iPhone 15, 
  5. iPhone 15 Pro, 
  6. Moto RAZR Plus, 
  7. Nothing Phone 2, 
  8. OnePlus 11, 
  9. OnePlus Open, 
  10. Oppo Find X6 Pro, 
  11. Google Pixel 7A, 
  12. Google Pixel 8 Pro, 
  13. Google Pixel Fold, 
  14. Samsung Galaxy S23, 
  15. Samsung Galaxy S23 Ultra, 
  16. Samsung Z Flip 5, 
  17. Samsung Z Fold 5, 
  18. Sony Xperia 1 V, 
  19. Vivo X90 Pro, 
  20. Asus ROG Phone 7 Ultimate.
Tidak ada merk Huawei karena merk itu diban di Amerika Serikat (US), dan mungkin akan mengundang masalah jika tetap mengimpornya.

Kemudian kondisi foto dibagi menjadi tiga kategori penting yaitu DayTime photo, low-light photo, dan potrait-mode photo.

Semua hasil foto diupload ke situs dan kemudian dilakukan voting, tanpa memberitahu itu hasil foto dari kamera apa. Dan juga menggunakan kombinasi nomor acak, jadi misalkan pada kategori A, smartphone merk A letak hasil fotonya di nomor 5, maka pada kategori B terletak di nomor lain, jadi benar-benar acak tidak berurut atau tidak tetap. 

Juga terdapat sistem rating ELO, mungkin bagi yang belum tahu itu adalah sebuah sistem yang banyak digunakan pada penilaian kompetisi catur dunia, dimana ELO rating menunjukkan kekuatan seorang pemain catur, dan nilai menang/kalah akan semakin tinggi jika kedua pemain memiliki jarak ELO rating yang jauh.

Dalam hal pemotretan, semua fully auto; buka aplikasi kamera, memposisikan sama, dan jepret foto. Juga memastikan bahwa lensa dalam keadaan bersih dan tidak kotor, suatu kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat awam. Bahkan pengetesan juga tidak klik objek untuk memfokuskan foto, semua serba auto, point and shoot. 

Total voting untuk blind test (tes buta) kali ini memiliki jumlah voting mencapai lebih dari 20 juta total.

Jadi sesi foto satu kategori saja membutuhkan sekitar 6 menit karena melakukannya dengan 20 smartphones.

#1 Day Time Photo

Tes pertama adalah kategori DayTime photo, jadi Marquis Browlee sengaja menggunakan sebuah ruangan yang dimana ada jendela dengan cahaya masuk sangat terang, ini cocok untuk mengetes kemampuan kamera dalam hal dynamic range cahaya, warna, temperature, tone kulit.

Peringkat 1 adalah Google Pixel 7A, yang menghasilkan tingkat pencahayaan sempurna dan akurat, skin tone pas, dan lainnya paling bagus menurut voting blind-test.

Sedangkan yang paling buruk hasilnya secara mengejutkan adalah dari iPhone 15. Wajah Marquis Browlee menjadi sangat hitam dan gelap, orang-orang tidak menyukainya. Berikut hasil perbandingan antara peringkat pertama dan peringkat terakhir.

Sedangkan untuk peringkat ke-19 atau kedua dari terbawah adalah Samsung Galaxy S23 Ultra, yang menghasilkan foto terlalu over-exposed (terang berlebihan).

Ini adalah hasil semua 20 kamera untuk kategori DayTime Photo:


#2 Low-light Photo

Kategori low light, akan memerlukan hasil foto yang memiliki HDR paling bagus, tanpa halo effect, dan tentu saja pencahayaan yang oke dalam keadaan gelap.

Pada kategori low-light, iPhone 15 Pro mendapat voting blind test terbanyak, disusul Pixel 8 Pro dan Pixel 7a.

Sedangkan peringkat terakhir jatuh pada Oppo Find X6 Pro, yang menghasilkan foto seolah-olah hasil jiplak / tempel orang ke latar belakang sehingga terkesan aneh, berikut hasil perbandingan dengan rank 1:

Berikut adalah hasil foto 20 kamera pada kategori low-light.


#3 Potrait Mode

Potrait mode ada yang paling sulit dalam tes karena setiap menggunakan potrait mode, setiap smartphone memiliki setting focal length yang berbeda, serta zoom berbeda (seperti ada yang 2x, 3x, 1,5x, dll). Sehingga tes kali ini lebih lama karena perlu si tukang foto yang maju mundur agar frame subjek foto tepat dan sama untuk setiap hasil foto kamera berbeda.

Kategori ini memerlukan hasil foto yang memiliki cutout yang lebih baik, serta temperatur yang paling pas tidak berlebih dan tidak kekurangan. Pemenang peringkat 1 adalah :

Sedangkan peringkat paling buncit jatuh pada Sony Xperia 1 V, hasil fotonya sangat jelek dan bikin heran karena detail pada latar belakang benar-benar habis total akibat pencahayaan yang hancur:

Dan berikut adalah hasil foto 20 kamera smartphones pada kategori Potrait Mode.


Kesimpulan Kamera Smartphones Terbaik

Ada pemenang dan pecundang setiap kategori, tidak ada satupun smartphones yang memiliki kamera yang menang di setiap kategori, tidak ada yang sempurna bisa menang di semua kategori. Tetapi jika menggunakan sistem rating rata-rata ELO, yang memiliki nilai rata-rata terbaik secara umum keseluruhan, yang merupakan juara pilihan masyarakat umum, yang hasil foto kameranya paling diterima oleh masyarakat, maka pemenangnya adalah Google Pixel 7a (dengan peringkat 1 pada kategori DayLight photo, rank 3 pada low-light, rank 4 pada Potrait mode).

Juara kedua dipegang oleh saudaranya yaitu Pixel 8 Pro, dan kemudian secara mengejutkan juara ketiga adalah tetap dari merk Pixel yaitu Pixel Fold. Jadi juara 1,2, dan 3 semua direbut oleh Pixel yang merupakan smartphones buatan Google.

Berikut nilai ELO secara keseluruhan:


Sedangkan terakhir biarpun tidak terlalu penting tetapi sebagai tambahan, jika dihitung berdasarkan perbandingan nilai ELO dan harga smartphones, maka yang paling worth (bernilai) adalah:


Samsung Z Fold 5 terlalu mahal, sedangkan hasil fotonya biasa-biasa saja jika dibandingkan dengan yang lain. Jadi jika Anda penggemar foto, dan budget terbatas, kurang disarankan mengincarnya.

Selamat kepada Google Pixel 7a yang memenangkan kompetisi kali ini, dan terimakasih juga kepada Marquis Brownlee yang telah melakukan ujicoba blindtest paling adil ini tanpa bumbu-bumbu sponsor dan fanatik/fanatisme.

Share:
Next Post Previous Post